Kutipan Buku Manajemen kearsipan Modern
Arsip ( Administrasi ) adalah suatu bentuk pekerjaan tata usaha yang berupa penyusunan dokumen - dokumen secara sistematis sehingga bilamana diperlukan lagi, dokumen - dokumen itu dapat ditemukan kembali secara cepat.

Dokumen adalah setiap catatan tertulis atau bergambar yang memuat keterangan mengenai sesuatu hal atau peristiwa yang dibuat orang untuk membantu ingatannya.

Titik berat dari kearsipan adalah pada segi penemuan kembali bukan pada penyimpanannya. Informasi yang tertulis disimpan unutk kemungkinan dipergunakan pada waktu yang akan datang. Menyimpan informasi tertulis dengan baik adalah penting, sedangkan menemukan kembali dengan segera adalah vital.

Sifat yang paling penting yang harus dimiliki oleh suatu sistem kearsipan adalah realiability dan accessability, disamping sifat - sifat lainnya seperti kerapian, kebersihan dan lainnya.

Arsip terbagi atas arsip dinamis dan arsip statis.

1. Arsip Dinamis

Adalah arsip yang dipergunakan secara langsung dalam perencanaan, pelaksanaan, penyelenggaraan kehidupan kebangsaan pada umumnya atau dipergunakan secara langsung dalam penyelenggaraan administrasi negara.

Syarat :
Lengkap, cukup, bermakna, komprehensip, tepat dan tidak melanggar hukum.

2. Arsip Statis

Adalah arsip yang tidak dipergunakan secara langsung untuk perencanaan, penyelenggaraan kehidupan kebangsaan pada umumnya maupun untuk penyelenggaraan sehari - hari administrasi negara.

Arsip Dinamis terdiri atas :

a. Arsip Aktif
b. Arsip In-aktif

a. Arsip Aktif adalah arsip yang masih sering digunakan untuk kegiatan administrasi.

b. Arsip In- Aktif adalah arsip yang sudah jarang digunakan untuk kegiatan administrasi.

Sumber : Sugiarto,Agus,S.Pd,dkk.Manajemen Kearsipan Modern dari Konversional ke Basis Komputer.Gava Media.
0 Responses

Posting Komentar

  • about

    seorang pria yang terlahir diawal tahun 1988, terlahir tanpa apapun...dan ingin menjadi sesuatu yang berarti bagi semua orang.

    welcome guest

    Name :
    Web URL :
    Message :

    followers

    time